Satu. Pastikan anda bawa uang AUD (Australian Dollar)

Ketika anda masih di Indonesia, sebaiknya anda menukarkan rupiah ke AUD karena ratenya pasti akan lebih bagus. Dibandingkan jika anda tiba di Australia lalu menukarkan Rupiah anda disana, nilainya akan sangat buruk sekali.

Dua. Ketahui apa yang tidak boleh dibawa ke Australia

Jangan bawa makanan yang belum di masak seperti sayuran, daging atau buah buahan. Apabila anda tidak yakin apakah barang itu boleh atau tidak, sebaiknya anda declare saat ingin melewati custom. Bagian custom ini persis setelah anda mengambil bagasi. Cara declare adalah dengan mencontreng bagian YES di kertas yang di bagikan di pesawat terbang. Bila tidak mengerti, silahkan menanyakan kepada Pramugari di pesawat terbang. Mereka akan dengan senang hati memantu anda.

Tiga. Perlu mengurus Visa untuk bisa ke Australia

Negara Australia mewajibkan semua traveler atau turis untuk memiliki visa sebelum tiba di negara tersebut. Penting untuk anda mengurus visa dengan seksama sebelum berangkat ke sana. Saat artikel ini dibuat, teman-teman kami banyak yang melakukan aplikasi visa secara online saja. Salah satu website yang dapat digunakan adalah www.vfsglobal.com

Empat. Perlengkapan berguna yang perlu dibawa 

Bawalah perlengkapan seperti : Adapter untuk membantu anda menggunakan peralatan elektronik anda. Jika anda berencana untuk mengendarai mobil sendiri di Australia pastikan anda membawa Car Holder karena mengendarai mobil dilarang memegang / menyentuh handphone anda. Dendanya luar biasa mahal! Bawa juga Penimbang koper elektronik. Bagi yang doyan belanja jangan sampai overweight ya.

Lima. Waktu terbaik mengunjungi Australia

Tidak ada yang pasti, karena tiap tiap orang memiliki tujuan yang berbeda. Bagi yang ingin pergi dimusim yang nyaman suhu nya anda bisa datang di bulan Maret, April dan Mei karena bulan ini adalah musim gugur dimana suhu nya akan cukup adem dan sesekali dingin karena setelah musim gugur akan masuk musim dingin di bulan Juni, Juli dan Agustus. Cocok bagi teman teman yang ingin bermain di gunung salju yang terkenal Mt Buller. 

Untuk kenyamanan suhu udara juga bisa datang di bulan September, Oktober dan November karena bulan ini adalah musim semi. Suhu udara pasti bersahabat meskipun akan terasa dingin dan segar juga, sesekali akan terasa hangat karena setelah itu Desember, Januari dan Febuari akan masuk musim panas. Nah, dimusim panas ini tidak banyak turis indonesia yang berkunjung ke Australia pada umumnya. Namun di bulan Desember akan banyak diskon bagi yang doyan belanja atau shopping. Di musim panas juga waktu matahari bersinar sangat panjang, sehingga aktivitas akan sangat panjang bisa sampai jam 8 malam matahari baru terbenam.

  • Desember – Feburari : Musim Panas
  • Maret – Mei : Musim Gugur
  • Juni – Agustus : Musim Dingin
  • September – November : Musim Semi

Enam. Mengendarai mobil sendiri di Australia

Saat artikel ini ditulis, orang Indonesia boleh mengendarai mobil di Australia. Perlu anda ketahui sebelum tiba bahwa mengendarai mobil di negara berkembang dan negara maju itu sungguh berbeda gayanya. Pelajari terlebih dahulu baik baik kebiasaan dan peraturan agar terhindar dari kecelakaan yang dapat berakibat fatal, seperti yang pernah terjadi kepada beberapa turis di masa lampau. Salah satu contoh sederhana saja : bila di Indonesia itu kita menganut faham, siapa cepat dia dapat. Hal ini sangat berakibat fatal bila kita terapkan dengan gaya nyetir di Australia. Bisa bisa kita terlibat dalam kecelakaan karena disana ada peraturan mengenai siapa dulu yang harus di dahulukan. Jika kita menyerobot kita bisa mengakibatkan pengendara lain jadi bingung.

Jika nantinya akan menyewa mobil rental di Australia ada beberapa hal yang harus di perhatikan: Usahakan anda juga membayar biaya asuransi untuk hal hal yang tidak di inginkan. Memang murah sekali sewa mobil di sana apabila tidak termasuk asuransi. Namun jika terjadi apa apa dengan mobil anda di saat anda tidak tahu, biaya perbaikan bisa mencapai lebih dari 40juta (akan di infokan saat anda menyewa mobil).